Search

FOTO: Cara Unik Warga AS Nikmati Gerhana Matahari Total

AFP/ Reuters , CNN Indonesia

Selasa, 22/08/2017 13:03 WIB

Artikel belum tersedia

Warga Amerika Serikat memadati tempat umum dan taman untuk menyaksikan gerhana matahari total, Senin (21/8). Salah satunya dari Madison Square, Manhattan, New York.
Peristiwa ini menarik perhatian tiap kalangan, tak terkecuali Presiden AS, Donald Trump bersama istri dan anaknya. Mereka menyaksikan gerhana total tersebut dari balkon White House di Washington, DC.  
Ternyata ada banyak cara unik untuk menikmati gerhana dengan aman. Tak cuma menggunakan kacamata gerhana seperti dilakukan nenek ini. 
Bocah-bocah sekolah dasar dari Jennings School District di St Louis, Missouri punya kacamata gerhana yang unik untuk melindungi mata mereka dari silaunya matahari. Bundaran piring kertas ditambahkan agar cahaya tak lolos dari balik kacamata yang mungil dan merusak mata anak-anak.  
Lainnya menggunakan periskop buatan dari kotak sereal seperti dilakukan ketiga anak perempuan ini. Mereka menyaksikan gerhana dari lokasi lepas landas musium kapal Naval U.S.S. Yorktown di Mount Pleasant, South Carolina. 
Cara aman lain adalah dengan mengintip dari balik lembaran X-ray. Perempuan ini menyaksikan gerhana sebagian dari Institut Penelitian Sains Venezuela di San Antonio de los Altos, Venezuela.
Bahkan anjing pun diberi kacamata pengaman agar bisa ikut menyaksikan momen langka ini dengan aman. Alhasil, Madison pun sukses menyaksikan gerhana ini kemarin dari Nashville, Tennessee. 
Gerhana total ini dimulai pukul 13:16 waktu bergerak secara diagonal melintasi jantung Amerika dan kemudian keluar dari Charleston, South Carolina, pukul 14:47. Waktu gerhana terlama melintas di hutan nasional Shawnee, Illinois Selatan. Kegelapan berlangsung selama 2 menit 44 detik.
Gerhana kali ini diperkirakan menjadi gerhana yang paling banyak difoto. diamati, dan dipelajari. Sebab, ini adalah gerhana matahari total pertama yang melewati Amerika di era media sosial. 

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan FOTO: Cara Unik Warga AS Nikmati Gerhana Matahari Total : http://ift.tt/2wsN26y

Bagikan Berita Ini

0 Response to "FOTO: Cara Unik Warga AS Nikmati Gerhana Matahari Total"

Post a Comment

Powered by Blogger.