Search

Cerita Astronaut NASA 'Pandu Kunjungi' Stasiun Luar Angkasa

Jakarta, CNN Indonesia -- Pengguna Google Street View kini tak hanya bisa melihat permukaan Bumi melalui pemetaan 360 derajat. Google baru saja menyediakan 'wisata antariksa' melalui layanan Street View miliknya.

Google mengumumkan kerjasama dengan Badan Antariksa Amerika (NASA) untuk memetakan permukaan ruangan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dan memperlihatkannya ke pengguna internet.

Untuk menyelesaikan misi ini, astronaut Thomas Pesquet mendapat tugas untuk mengabadikan setiap momen yang terjadi di sana. 

Pesquet yang merupakan astronaut untuk European Space Agency (ESA) mengabadikan gambar di ISS selama enam bulan. Saat ini ia telah kembali ke Bumi sejak Juni 2017 untuk menceritakan pengalamannya.

"Ketika bekerja sama dengan Google untuk misi terbaru ini, kami memotret gambar Street View untuk menunjukkan seperti apa bentuk ISS dari dalam, dan berbagi tentang bagaimana rasanya memandang Bumi dari luar angkasa," tulis Pesquet dalam siaran pers Google.


Dia juga menceritakan kesulitannya untuk memotret di ruang microgravity. Salah satunya adalah banyak kabel dan tata letak yang rumit dengan modul yang meluncur ke segala macam arah. 

"ISS adalah tempat yang sibuk, dengan enam anggota awak yang melakukan kegiatan penelitian dan pemeliharaan selama 12 jam sehari. Ada banyak hambatan yang terjadi di sana, dan kami memiliki waktu yang terbatas untuk menangkap gambar, jadi kami harus yakin bahwa pendekatan kami akan berhasil," cerita astronaut asal Perancis ini.

Cerita Astronaut NASA 'Pandu Kunjungi' Stasiun Luar AngkasaFoto: Screenshot via Google Maps Street View

Pemetaan street view di ISS tidak bisa menggunakan metode yang selama ini digunakan Google di permukaan Bumi. Sebagai gantinya, tim street view bekerja sama dengan NASA di Johnson Space Center di Houston, Texas dan Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama untuk merancang metode bebas gravitasi dalam pengambilan gambar menggunakan kamera DSLR dan peralatan yang telah tersedia di ISS. 

"Kemudian kami mengumpulkan foto-foto di luar angkasa, yang kemudian dikirim kembali ke Bumi untuk digabungkan dengan foto lainnya sebelum diubah menjadi sebuah foto panorama 360 derajat," lanjut Pesquet.


Dalam kesulitannya, insinyur Badan Antariksa Eropa ini mengungkapkan banyak pengalaman pertama yang dia alami dengan misinya. Semangatnya adalah untuk menunjukkan informasi tambahan atau fakta menarik seperti di mana para astronaut berolahraga agar tetap fit, makanan apa saja yang dikonsumsi, dan di mana mereka melakukan eksperimen ilmiah.

"Semua ini tidak mungkin dapat terjadi tanpa kerja tim di lapangan, rekan-rekan (yang menjadi teman sekamar) di ISS, dan negara-negara yang telah berkumpul untuk mengirim kami ke luar angkasa. Melihat Bumi dari atas membuat kami melihat dunia dengan cara yang sedikit berbeda, dan kami berharap dengan adanya ISS di street view juga dapat mengubah pandangan Anda tentang dunia," pungkasnya.

[Gambas:Youtube]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Cerita Astronaut NASA 'Pandu Kunjungi' Stasiun Luar Angkasa : http://ift.tt/2tUFDHC

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cerita Astronaut NASA 'Pandu Kunjungi' Stasiun Luar Angkasa"

Post a Comment

Powered by Blogger.