Search

Malam Nanti Langit Indonesia Dihiasi Gerhana Bulan Sebagian

Akan ada yang berbeda di langit seluruh Indonesia pada Selasa (8/8) dini hari nanti. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengungkapkan bahwa akan terjadi gerhana Bulan sebagian di wilayah Indonesia.

Ketua LAPAN, Thomas Djamaluddin, menerangkan kepada CNNIndonesia.com bahwa gerhana akan dimulai pukul 00:23-02.18 WIB.

Pemandangan gerhana bulan sebagian bisa diamati di seluruh wilayah Indonesia. Masyarakat di bagian barat Indonesia seperti Sumatera dan Jawa akan menikmatinya terlebih dahulu, diikuti bagian tengah dan timur.


"Sekitar sepermpat bagian Selatan purnama akan tertutup bayangan Bumi," tambahnya melalui pesan singkat, Senin (7/8).

Durasi gerhana bulan sebagian dini hari nanti diperkirakan akan berlangsung selama 5 jam 4,9 menit. Adapun fase gerhana sebagian sampai berakhirnya akan berlangsung selama 1 jam 56,6 menit.

Setelah fenomena hari ini, langit akan kembali dihiasi gerhana Matahari total pada 21 Agustus 2017 (malam 22 Agustus waktu Indonesia). Sayangnya, penduduk Bumi yang bisa mengamati fenomena ini hanyalah mereka yang berada di Amerika.


"Dua pekan setelah gerhana Bulan, posisi Bulan berada di antara Matahari dan Bumi, sehingga Bulan menghalangi cahaya Matahari ke Bumi. Saat itulah terjadi gerhana Matahari," lanjutnya.

Thomas mengatakan bahwa tidak akan ada fenomena serupa lagi paling tidak hingga akhir 2017. Gerhana Bulan sendiri biasanya rutin terjadi setiap tahun meski tidak semua wilayah dapat mengamatinya.

Sekadar informasi, gerhana bulan terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan. Sementara pada gerhana Bulan parsial, purnama memasuki sebagian bayangan Bumi sehingga bagian bulan tertutup oleh bayangan Bumi. </span> (evn)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Malam Nanti Langit Indonesia Dihiasi Gerhana Bulan Sebagian : http://ift.tt/2hC01fO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Malam Nanti Langit Indonesia Dihiasi Gerhana Bulan Sebagian"

Post a Comment

Powered by Blogger.