Search

NASA Akan Boyong Superkomputer Tahan Banting ke Luar Angkasa

Situasi luar angkasa rupanya tak bersahabat bagi laptop. Sebab, para astronaut mesti mengganti laptop mereka dalam beberapa bulan sekali.

Untuk mengatasi hal itu, NASA bekerjasama dengan Hawlett Packard Enterprise (HPE) berencana menerbangkan superkomputer HP Spaceborne Computer bagi para astronaut yang sedang bertugas di luar angkasa.

Harapannya, setidaknya komputer ini bs bertahan selama setahun di luar angkasa.  Adalah pesawat antariksa Dragon milik SpaceX yang akan menerbangkan superkomputer tersebut ke stasiun luar angkasa.


Rencananya Dragon akan meluncur hari ini (14/8) dari Cape Canaveral, Amerika Serikat.  Jika percobaan ini berhasil, berarti ada harapan untuk membawa komputer yang lebih tahan lama, misalnya untuk misi pendaratan di Mars.   HPE Spaceborne Computer dibangun dengan bantuan NASA.

Superkomputer ini berbasis server high-density HPE Apollo 40. Hardwarenya menggunakan Linux dengan versi yang belum diketahui. Pendinginan berbasis air digunakan agar mesin mampu bertahan dari kondisi ekstrem di luar angkasa. Baik dari radiasi, partikel subatomik, solar flare, dan lainnya.

"Misi ke Mars membutuhkan sumber komputasi yang canggih dan bisa digunakan dalam jangka waktu panjang," tulis Alain Andreoli, senior vice president dan General Manager,  Data Center Infrastructure Group, Hewlett Packard dalam blognya seperti dilansir Digital Trends.


"Untuk memenuhi kebutuhan ini, kami perlu meningkatkan ketersediaan teknologi di luar angkasa untuk memastikan keberhasilan misi tersebut," tambah Andreoli. 
"Dengan mengirimkan superkomputer keluar angkasa, HPE mengambil langkah awal ke arah tersebut." 

Peluncuran pesawat angkasa yang membawa kargo khusus ini juga bisa disaksikan secara streaming melalui saluran YouTube SpaceX. </span> (evn)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan NASA Akan Boyong Superkomputer Tahan Banting ke Luar Angkasa : http://ift.tt/2w2BB5n

Bagikan Berita Ini

0 Response to "NASA Akan Boyong Superkomputer Tahan Banting ke Luar Angkasa"

Post a Comment

Powered by Blogger.