Search

Malam Ini, 'Purnama Jagung' Bakal Terangi Langit

Malam ini (6/9), pengamat langit akan menjumpai fenomena tahunan yaitu 'Purnama Jagung'. Dengan menggunakan teleskop, pengamat langit akan melihat Bulan yang ditemani Neptunus dengan cahaya paling terangnya.

Sebagaimana dilaporkan Space, Bulan akan terlihat paling terang pada Rabu dengan jarak Bumi dan Bulan sejauh 381.530 km. Biasanya, purnama di September dikenal sebagai Harvest Moon, tetapi purnama itu bergeser di Oktober karena purnama yang terdekat dengan equinox musim gugur bergeser ke 22 September.

Kendati demikian, Purnama Jagung atau Full Corn Moon masih memiliki makna yang sama dengan Harvest Moon yakni memasuki musimpanen. Tak ada yang terlalu special dengan pergeseran nama Bulan purnama, kecuali masyarakat di Bagian Barat yang tidak akan menjumpai Hunter’s Moon atau Purnama Pemburu yang biasanya ditemui pada purnama di bulan November.


"Bulan purnama minggu ini adalah Corn Moon atau the Barley Moon karena akan terjadi pada saat terbaik untuk memanen hasil kebun. Setelah bulan purnama ini dan bulan purnama di Oktober, bulan akan terbit lebih cepat setelah Matahari terbenam daripada biasanya. Ketika itu terjadi, ia akan menggantung besar di langit untuk beberapa waktu sebelum Bulan keesokan harinya," demikian menurut Old Farmer’s Almanac seperti dilaporkan IBTimes.

Saat fenomena ini, Neptunus berada di posisi terbaiknya sepanjang tahun yakni tepat berseberangan dengan Matahari pada 5 September. Posisi tersebut memungkinkan Neptunus memantulkan cahaya maksimalnya sehingga terlihat lebih terang dari biasanya.


Sayangnya meski sudah paling terang, Neptunus tetap terlihat terlalu redup jika diamati dengan mata telanjang. Dengan menggunakan teleskop, bantuan Bulan dan Delta Aquarii (bintang terbesar di konstelasi Aquarius), pengamat akan menemukan dan mengamati Neptunus.

Planet yang namanya diambil dari nama Raja Laut Yunani tersebut akan terlihat muncul dari langit tenggara ke kiri Delta Aquarii, yang terletak di sebelah kanan Bulan. Pemandangan Neptunus juga akan lebih cerah jika masyarakat mengamati dari daerah yang tidak berpolusi udara maupun cahaya. </span> (evn)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Malam Ini, 'Purnama Jagung' Bakal Terangi Langit : http://ift.tt/2gGYyRA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Malam Ini, 'Purnama Jagung' Bakal Terangi Langit"

Post a Comment

Powered by Blogger.