Search

Peneliti Buat Kamera yang Bisa Tembus Organ Manusia

Sebuah kamera yang bisa melihat bagian dalam tubuh manusia saat ini sedang dikembangkan di Inggris. Kamera yang masih dalam tahap prototipe itu sudah mampu menembus hingga 20 cm ke dalam jaringan tubuh. Kamera ini dikembangkan untuk menghindari pemindaian tubuh dengan X-ray yang memakan biaya tinggi. 

Kamera ini dirancang untuk mendeteksi cahaya. Misal dengan mendeteksi cahaya yang keluar dari ujung selang endoskopi. Endoskopi sendiri adalah alat medis berupa selang panjang dengan cahaya dan kamera diujungnya. Alat ini biasa dimasukkan ke dalam tubuh lewat tenggorokan untuk melihat sistem pencernaan.

Sayang, kamera tembus pandang generasi sebelumnya tidak bisa memberikan gambaran yang tepat mengenai kondisi dalam tubuh pasien. Sebab, kamera tersebut tak bisa mendeteksi sumber cahaya dalam tubuh dengan tepat. Hal ini terjadi karena sinar dari ujung selang endoskopi menyebar atau memantul dari jaringan dan organ tubuh ketimbang dideteksi dalam garis lurus.


Namun kamera baru ini bisa memberikan lokasi yang lebih akurat karena ia bisa mendeteksi sumber cahaya dalam tubuh hingga partikel cahaya terkecil yang disebut foton. Kamera ini bahkan bisa mendetekasi waktu yang dibutuhkan cahaya untuk melewati tubuh. Dengan demikian, kamera bisa lebih tepat menentukan posisi endoskopi dalam tubuh pasien.

"Kemampuan untuk melihat lokasi perangkat sangat penting untuk banyak aplikasi perawatan kesehatan. Terutama karena ke depan kami ingin meminimalkan dengan pendekatan invasif untuk mengobati penyakit," ujar Professor Kev Dhaliwal, dari University of Edinburgh yang mengembangkan penelitian ini, seperti dikutip BBC

Peneliti juga sedang mengembangkan agar kamera tersebut agar bisa digunakan di sebelah tempat tidur pasien. Proyek ini dikembangkan oleh University of Edinburgh yang bekerja sama dengan Universitas Heriot-Watt. </span> (eks/evn)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Peneliti Buat Kamera yang Bisa Tembus Organ Manusia : http://ift.tt/2j0lKP5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peneliti Buat Kamera yang Bisa Tembus Organ Manusia"

Post a Comment

Powered by Blogger.