Search

Bocah 9 Tahun Temukan Fosil Langka di New Mexico

Jakarta, CNN Indonesia -- Jude Sparks, seorang bocah 9 tahun yang sedang menjelajahi Organ Mountains, New Mexico, Amerika Serikat dengan orang tua dan kedua saudara lelakinya terjerembab pada sesuatu yang mencuat dari tanah. Rupanya, benda mencuat itu adalah fosil langka.

Dalam sebuah wawancara dengan afiliasi El Paso ABC KVIA, Sparks mengatakan kepada wartawan bahwa dia segera menunjukkan temuan tersebut kepada saudaranya, Hunter.

"Hunter bilang itu hanya sapi busuk yang besar dan saya tidak tahu apa itu, saya hanya tahu itu tidak biasa," katanya seperti dikutip dari National Geographic pada Kamis (20/7).

Fosil yang dikira tulang sapi itu ternyata adalah fosil stegomastodon, sebuah mamalia purba yang hidup sekitar 1,2 juta tahun yang lalu. Stegomastodons adalah mamalia bergading awal dari keluarga Gomphotheres, sepupu jauh dari mammoth kuno dan gajah modern.

Malam itu, orang tua Sparks mengirimkan email ke Profesor Universitas New Mexico State Peter Houde setelah pencarian mereka di Google gagal. Houde dan keluarga Sparks kembali ke tempat penemuan untuk menemukan seluruh tengkorak.

Setelah mendapatkan dana, mencari sukarelawan, dan berkoordinasi saat penggalian, tim universitas dan keluarga Sparks kembali ke lokasi untuk menggali sisa-sisa fosil. Seminggu setelah penggalian hati-hati, potongan rapuh, yang Houde sebut sebagai "kulit telur tipis" berhasil diambil. Houde berharap fosil tersebut pada akhirnya bisa dipamerkan.

Ini bukan pertama kalinya stegomastodon ditemukan di New Mexico. Pada 2014, sebuah fosil yang hampir utuh ditemukan oleh sekelompok pemuda dan berhasil diamankan oleh New Mexico Natural History Museum.

Bagaimana pun, Houde tidak mendorong warga untuk pergi ke padang pasir demi mencari fosil.

"Ketika orang mengetahui tentang hal-hal ini, mereka mungkin tergoda untuk pergi ke sana dan melihat apa yang mungkin mereka temukan," kata Houde. "Jujur saja, semua fosil dari daerah ini bersifat radioaktif dan terutama untuk anak-anak, bukan sesuatu yang Anda inginkan di rumah Anda." (pit)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Bocah 9 Tahun Temukan Fosil Langka di New Mexico : http://ift.tt/2tsISuj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bocah 9 Tahun Temukan Fosil Langka di New Mexico"

Post a Comment

Powered by Blogger.